Pond’s vs Olay, siapa juaranya?

ponds3Siapa yg tidak mengetahui persaingan antara YMKI dan AHM, sepertinya kedua perusahaan ini semakin ketat dalam berebut pasar, dengan mengeluarkan berbagi macam produk terbarunya.

Tapi persaingan ketat bukan hanya milik industri otomotif saja, sebab industri lain pun ikut berkompetisi. Salah satunya adalah industri kosmetik. Berbagai macam produk dikeluarkan untuk menarik perhatian konsumen.

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin rekan2 tahu dengan para artis berikut ini : Cut Mini, Sandra Dewi, Gita Gutawa, ketiganya membintangi iklan baru sebuah produk kecantikan yaitu Pond’s. Dan pada kenyatannya bukan tanpa sebab Pond’s memilih mereka. Karena ada tujuan tertentu apalagi kalau bukan membendung pesaing.

Setelah sekian lama pasar kosmetik terfokus pada masalah produk yg dapat membuat kulit tampak lebih putih, tiba2 saja fokus teralihkan dengan munculnya beberapa produk yg mengusung tema “anti penuaan”. Kalau tidak salah bukan Pond’s yg mengembor-gemborkan tentang produk perawatan kecantikan jenis baru ini, melainkan Olay.

Yup… Olay sempat berjaya beberapa saat dengan jenis produk barunya. Tapi bukan Pond’s namanya kalau menyerah begitu saja. Bagi saya Pond’s termasuk produk yg kuat dari segi promosi secara above the line atau promosi melalui media seperti televisi. Dulu Pond’s sukses dengan iklan berserinya yg mengisahkan seorang gadis di tinggal kekasihnya ke kota dan melupakan sang gadis. Namun berkat Pond’s kekasih sang gadis tersebut kembali dan mereka hidup bahagia.

Jalan ceritanya sih biasa2 saja, tapi percaya atau tidak iklan ini menjadi salah satu iklan yg ditunggu-tunggu oleh pemirsa televisi, dan termasuk berhasil mendongkrang penjualan Pond’s.

Namun Olay balik menyerang dengan mempromosikan Olay Total Effect (kalau gak salah itu nama produknya) yg di klaim mampu mengatasi 7 tanda penuaan pada wanita. Disini sepertinya Olay lebih mensegmentasikan lagi target marketnya berdasarkan usia wanita.

Cara yang menurut saya jitu karena mencoba keluar dari persaingan ketat dengan mengeluarkan produk yg berbeda dari pesaing. Dengan iklan yg banyak muncul di media seperti televisi pada akhirnya cukup membuat Pond’s “gerah” juga.

Tidak mau kecolongan lebih jauh, Pond’s langsung mengambil tindakan dengan cara mengeluarkan produk serupa yg diberi nama Ponds Age Miracle, gak tanggung2 dari segi iklan produk satu ini dibikin “jor2an” untuk menghantam Olay, coba rekan2 ingat berapa versi iklan yg dikeluarkan untuk produk Pond’s Age Miracle ini mulai dari versi iklan testimoni yg disampaikan oleh beberapa artis wanita yg bisa dibilang wanita separuh baya, sampai versi iklan testimoni dengan melibatkan langsung para suami dari artis wanita yg menggunakan produk tersebut.

Sebagai tambahan, Pond’s juga merubah pesan yg mereka sampaikan. Biasanya untuk beberapa produknya mereka sering mengatakan “Membuat wajah tampak lebih putih”, tapi coba perhatikan untuk produk Ponds Age Miracle, mereka merubah pesannya menjadi “Membuat wajah tampak lebih muda dalam tujuh hari”.

Apakah itu berlebihan??? Hmmm..buat saya sih selama memang mereka punya budget besar ya gak masalah. mungkin itu pula yg membuat Pond’s berani memasang porsi iklan lebih besar di televisi, padahal kan tarif iklan di televisi mahal bosssss…

Bagaimana dengan Olay? Melihat Ponds Age Miracle di promosikan habis2an lewat televisi, Olay sepertinya santai2 saja. Terbukti Olay tidak menambah porsi iklannya menjadi lebih banyak dari Pond’s, kenapa ya? atau mereka kehabisan dana?

Salah bos…inilah kecerdikan Olay, melihat lawannya mati2an beriklan lewat endorser, Olay tidak mau melakukan hal serupa. Mereka cari taktik lain, hebatnya iklan mereka langsung menjelaskan value atau benefit yg bisa didapatkan para wanita dari produknya.

Tidak heran iklan nya banyak menjelaskan kandungan yang ada dalam produknya. Mungkin buat sebagian orang iklan ini jadi kurang menarik, ya iyalah…saya juga lebih senang liat iklan Pond’s yg ada Bunga Citra Lestari nya kok, lebih segerrrr…lihatnya. Tapi Olay cukup tahu bahwa para wanita itu lebih mengetahui kandungan apa saja yg bagus, cocok dan penting untuk kecantikan kulit wajah mereka.

Uniknya lagi Olay juga mengetahui bahwa para wanita banyak mengeluarkan dana dengan membeli produk kosmetik yg lebih mahal hanya untuk menjaga kecantikan wajah mereka, padahal Olay juga menawarkan produk yg kandungannya juga sama dengan produk yg lebih mahal.

Itulah hebatnya Olay, bila mereka mau bersaing dengan Pond’s dari segi harga bisa jadi mereka kalah, maka mereka membandingkannya dengan produk yg lebih mahal dari mereka. Bisa dibilang ini taktik untuk mengalihkan perhatian konsumen dan langsung terfokus untuk para wanita.

Kembali ke Pond’s, setelah merasa terlalu lama fokus pada produk anti penuaan, mereka membuat iklan baru, lagi2 sepertinya untuk menghantam Olay. Mungkin itu karena Olay mengeluarkan iklan dengan menggunakan Nirina Zubir sebagai endorsernya, yg menggambarkan wanita muda yg energik, aktif, cantik dan selalu menjaga kecantikan wajahnya. Mungkin pikir Pond’s, Olay mau mengalihkan pertarungan lagi, setelah dibendung habis2an di pasar produk anti penuaan dini. Kini Olay mau memanfaatkan kelengahan Pond’s dengan mengambil pasar wanita remaja dari tangan Pond’s.

Sampai akhirnya baru2 ini Pond’s mengeluarkan iklan teranyar mereka. Tidak tanggung2 tiga wanita canti berbeda umur di gandeng langsung sebagai endorser produk mereka. Cut Mini, Sandra Dewi, Gita Gutawa. Loh kok yg diambil berbeda umur semua??

Tujuan apalagi kalau bukan untuk mengkampanyekan bahwa produk Pond’s itu lintas usia, berapa pun usia wanita baik ABG, remaja, ataupun wanita separuh baya, maka Pond’s lah produk yg cocok untuk mereka.

Tidak heran pada iklan tersebut selain menampilkan para artisnya, Pond’s juga menambahkan keterangan berupa umur dari masing2 endorsernya.

Tinggal kita lihat apalagi strategi mereka selanjutnya, bisa jadi nanti mereka akan coba menggaet pasar pria dewasa atau anak muda, betul gak? Kalau memang itu terjadi berarti akan ada banyak pemain yg bersaing. Dan untuk para wanita yg sengaja atau tidak sengaja membaca postingan ini, mungkin punya penilaian yg berbeda, karena Andalah yg paling tahu keunggulan dari masing2 produk.

This entry was posted in OLAY and tagged .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s